Daerah

Dinas PUPR NTT Gelar Pelatihan P3A/GP3A

Admin | Senin, 02 Desember 2019 - 11:54:01 WIB | dibaca: 23 pembaca

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar pelatihan untuk Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air/Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A /P3A) di rumah adat Karot Tadong, Kelurahan Karot, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai pada 21-23 November 2019.

Selain GP3A/PA3, Dinas PUPR juga menggelar pelatihan para calon petugas Operasi dan Pemeliharaan (OP) irigasi.

Kepala Seksi Operasi Irigasi dan P3A Dinas PUPR Provinsi NTT Frumen Paju menjelaskan, pelatihan ini sengaja dilakukan agar masyarakat memahami dan ikut memelihara irigasi yang dibangun pemerintah.

Pelatihan GP3A/P3A ini bertujuan untuk meningkatkan, serta merumuskan strategi penguatan kelembagaan menuju keberdayaan GP3A/P3A dalam pengelolaan air irigasi.

Kemudian untuk calon petugas OP, kata Frumen, diharapkan melalui pelatihan ini bisa memahami tugas dan fungsi dalam operasi dan pemeliharaan air irigasi.

Diharapkan pula agar meningkatkan kualitas implementasi operasi dan pemeliharaan irigasi, serta kualitas kinerja sistem irigasi di lapangan.

 “Ada petugas operasi bendung, ada petugas pintu air, kemudian ada juru dan pengamat lain,” terang Frumen kepada VoxNtt.com saat bertemu di rumah adat Karot Tadong, Kamis (21/11/2019) pagi.

Apalagi, kata dia, saat ini Provinsi NTT sedang dilanda kekeringan. Karena itu, perlu adanya pelatihan bagi petugas OP irigasi dalam mengatur aliran air ke tengah lahan pertanian warga secara adil dan merata. “Para calon petugas OP irigasi mesti mengetahui strategi pendistribusian air secara adil dan merata. Diharapkan masyarakat (GP3A/P3A) bisa terlibat aktif dalam memelihara irigasi,” terang Frumen.Sementara itu, Staf Bidang SDA Dinas PUPR Manggarai Ansel Urung mengatakan, daerah irigasi di kabupaten itu sudah tertinggal jauh. Sebab itu, Ansel menyampaikan terima kasih kepada Dinas PUPR Provinsi NTT karena telah membangun irigasi di Manggarai. “Kami bangga dengan program PU provinsi (NTT) karena daerah irigasi sudah tertinggal jauh, kami sangat bersyukur dengan kehadiran P3A ini,” kata dia dalam sambutannya saat pembukaan kegiatan. di rumah adat Karot Tadong. Sementara itu, Staf Bidang SDA Dinas PUPR Manggarai Ansel Urung mengatakan, daerah irigasi di kabupaten itu sudah tertinggal jauh. Sebab itu, Ansel menyampaikan terima kasih kepada Dinas PUPR Provinsi NTT karena telah membangun irigasi di Manggarai. “Kami bangga dengan program PU provinsi (NTT) karena daerah irigasi sudah tertinggal jauh, kami sangat bersyukur dengan kehadiran P3A ini,” kata dia dalam sambutannya saat pembukaan kegiatan di rumah adat Karot Tadong.

Sumber : Ardy Abba ( voxntt.com )  










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)